Pages

Tuesday, April 15, 2014

Mu?ak.


Do you ever feel like you just bored with your daily routine? Yes I do. And now it`s my time. Nggak tau kenapa ya gue lagi dipuncak bosen yang tertinggi yang pernah gue alamin dalam hidup gue. Bosen dimana gue harus ngelakukin sesuatu hal yang kadang ngebuat gue ‘muak’ dengan keadaan yang ada.


By the way gue adalah seorang mahasiswi di sebuah universitas swasta di Bandung. Gue masuk didalam sebuah fakultas teknik, ya….walaupun guenya nggak teknik-teknik banget hehe. Menginjak semester empat ini, gue ngerasa kuliah dan hidup berbanding lurus dengan tingkat terbosannya dalam hidup gue. Atau mungkin karena gue ngerasa capek aja kali ya ngadepin rutinitas yang itu-itu aja.

Fyi bukannya gue mau nakutin kalian yang belum menginjak bangku kuliah atau akan menginjak bangku kuliah dalam waktu dekat tapi inget kuliah itu nggak segampang apa yang kalian lihat di FTV ataupun sinetron yang marak beredar di TV. Tapi kuliah itu keras men! :’). Kuliah itu bukan sekedar lo datang, kuliah, ngikutin style, dan setelah balik kuliah lo bisa nongkrong-nongkrong sama temen lo sampe malem, terus lo hanya kuliah dihari tertentu misalnya seminggu Cuma tiga kali atau dengan waktu yang relatif singkat. That bullshit men! Cuma mau membuka pikiran kalian, selama apa yang telah gue alamin, sebagai mahasiswa tingkat dua yang lagi muak dengan semua ini gue jelasin deh apa yang terjadi saat perkuliahan (khususnya gue).

Kuliah seminggu 6 hari dari 7 hari itu hukumnya wajib dikampus gue. Nggak ada deh istilah weekend atau libur atau hari kejepit disini. Apalagi kalo ada yang namanya praktikum itu semua nggak bisa diganggu gugat. Salah satu cara adalah lo ganti hari buat jadwal praktikum lo sementara. Dan itu ribet….. lo harus ngorbanin sesuatu untuk menggantikan jadwal semula lo. Belom lagi kalo kakak aslab lo (……………) yaisi sendirilah ya… *if you know what I mean. *no offense.

Terus juga kuliah setengah tujuh itu sudah hal yang ‘lumrah’ bagi kita. Apalagi kalo lo kuliah dari setengah tujuh dan ada beberapa praktikum yang diadakan dihari yang sama dan membuat kepala lo pecah karena mumet haha. Serius gue ngalamin ini kok. Belom lagi sebelum kuliah lo harung ngerjain TP (Tes Pendahuluan yang wajib lo kerjain sebelum lo masuk lab), Test Awal, Jurnal, dan Test Akhir (Test sebelum praktikum lo berakhir).Apalagi ditambah kegiatan perkuliahan lo diakhirnya puku 18:30. Itu mah heaven banget ma bro!

Dimusim-musim ujian baik UTS maupun UAS adalah masa yang sulit ditahap berikutnya. Ketika ujian menjelang, dan praktikum masih berlangsung, dan tubes (tugas besar) menghantui lo sepanjang hari. Ini adalah masa disaat lo lagi sering-seringnya drop. Sampe-sampe gue suka berobat keklinik yang ada dikampus gue, entah karena sakit atau hanya mengunjungi dokternya haha (nggak modal amat ya?haha) tapi beneran kok. Disini kalo lo nggak bisa jaga diri baik-baik dan jaga kesehatan baik-baik lo pasti sering ngedrop, nggak kuat sama jadwalnya disini. Apalagi disini cuaca suka galau. Pas siang panas terik, eh sorenya ujan gede. Belum lagi kalo lo ikut beberapa kepanitiaan itu nguras waktu lo banget, lo jadi nggak bisa inilah, itulah dan lo taulah… disamping lo dapet banyak teman dan benefit yang lainnya atau malah sebaliknya hehe.
Intinya disini adalah gue lagi jenuuuuuuuh banget sama kegiatan gue yang ‘gini-gini’ aja. Yah tau lah setelah apa yang telah gue jelasin diatas. Kadang gue ngerasa cape banget kuliah dimulai hari senin dengan jadwal yang nonstop dari pagi sampe maghrib ditambah pratikum yang kadang ngebuat gue feeling guilty terhadap diri gue sendiri. Bersalah karena gue nggak bisa bekerja semaksimal mungkin Karena factor-faktor yang lain yang nggak bisa gue sebutin disini. Belum lagi ditambah besoknya gue harus berangkat setengah tujuh lagi dan praktikum sampe jam sepuluh banget sampe otak lo ngebul nggak karuan :(.

But…. Terlepas dari itu gue masih punya tanggung jawab terhadap diri gue sendiri terutama sama orang tua gue. Kadang gue ngerasa banyaaaaaak banget hutang budi gue sama mereka yang nggak bisa gue bayar sampe kapanpu. Salah satu cara untuk ngebahagiain mereka dan membalas apa yang mereka berikan selama ini kegue yaitu dengan membuat dia bahagi ya dengan cara ini. Kuliah yang bener.

Kadang suka ngerasa tekanan batin by myself juga sih. Secara gue anak pertama otomatis gue yang bakalan jadi tulang punggung untuk orangtua gue dan terutama untuk ade gue yang masih kecil. Kadang ngerasa sedih aja kalo mereka berekspektasi yang terbaik kegue padahal gue sendiri belum bisa ngasih apa yang mereka harapkan kemereka. Sedih sih. Sedih banget malah :(.

Semakin gue muak dengan kegiatan gue (baca:kuliah) semakin gue males buat kuliah. Secara gue kadang ada dipuncak yang namanya capek fisik, batin, dan hati…. Entah karena kuliahnya, lingkungan sekitar dan sosial atau bahkan lainnya.

Ketika gue sudah berada diposisi tertinggi kejenuhan itu kadang gue suka berpikir kalo gue maleeees banget kuliah. But I have to. Suka gimana juga kalo nggak ada yang nyemangatin atau nggak ada yang buat semangat. Entah itu yang malah buat bad mood atau perasaan nggak enak lainnya.

Kuliah emang kejam men, eh wait…. Atau Cuma gue dan kampus gue  aja yang ngerasa begini. Tapi bener, kalo ini adalah acara pemburu hantu yang ada di TV sebelah mungkin gue udah melambaikan tangan kali yes? Hahaha just kidding.
Yah tapi balik lagi sih Kediri masing-masing. Mungkin saat ini gue emang lagi berada dipuncak kejenuhan yang paling akut, yah gue cuma bisa milih, you fix it, or you lose it hehe

0 comments:

Post a Comment